Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia

Batalkan pesanan Tokopedia bisa saja terjadi kepada kamu karena berbagai alasan, seperti respons penjual yang lambat, salah membeli produk, atau bahkan kurang teliti dalam membaca deskripsi produk.

Jika sudah seperti, membatalkan pesanan adalah jalan terbaik.

Tak perlu takut atau merasa khawatir karena pihak Tokopedia memang sudah menyediakan pilihan menu agar pembeli bisa membatalkan pesanan.

Namun, tentunya alasan yang diberikan haruslah benar-benar valid dan tidak bermaksud mempermainkan penjual.

Perlu diperhatikan, Tokopedia adalah toko dengan kredibilitas tinggi sehingga pembatalan pesanan hanya bisa dilakukan saat proses pembayaran diverifikasi.

Pembatalan bisa dilakukan di web maupun aplikasi dengan langkah yang mudah dan anti ribet.

Daftar Isi

Cara Batalkan Pesanan Tokopedia Lewat Web

  • Pastikan kamu sudah daftar Tokopedia sehingga saat membuka website akan terhubung pada akun pribadimu.
  • Pilih ikon dengan simbol pesan pada tampilan beranda awal website Tokopedia.
  • Cari pilihan menu “Status Pemesanan” lalu klik dan perhatikan informasi yang ada di dalamnya.
  • Pilih “Ajukan Pembatalan” pada faktur belanja yang memang diinginkan. Pastikan kamu tidak salah memilih produk yang akan dikembalikan.
  • Setelah itu, muncul sebuah pop up yang berisi mengenai “Pengajuan Pembatalan Pesanan”. Pilih beberapa alasan mengapa kamu ingin membatalkan pesanan tersebut. Jika sudah, langsung klik “Ajukan”.
  • Pihak Tokopedia akan mengirimkan pengajuan pembatalan pesanan kepada toko atau penjual bersangkutan. Proses tersebut membutuhkan waktu paling maksimal 2×24 jam sehingga kamu harus sabar menunggu.

Cara Batalkan Pesanan Tokopedia Lewat Aplikasi

Cara batalkan pesanan Tokopedia yang pertama adalah dengan menjalankan aplikasi.

  • Klik pilihan menu dengan tanda garis tiga di bagian pojok kiri atas.
  • Pilih menu “Ajukan Pembatalan” pada produk yang memang ingin kamu batalkan.
  • Nantinya akan muncul notifikasi berupa pop-up yang berisi mengenai beberapa alasan mengapa kamu mengajukan pembatalan pesanan. Pilih alasan kamu membatalkan pesanan agar bisa dikonfirmasi.
  • Setelah mengisi alasan pengembalian pesanan dengan sebenar-benarnya, maka selanjutnya langsung saja klik “Ajukan”. Tanpa mengeklik menu tersebut, proses pengembalian tidak bisa dilanjutkan.
  • Jika semua proses di atas sudah dilakukan dengan benar, pihak Tokopedia akan mengirimkan pengajuan tersebut kepada pihak penjual. Perlu diketahui apabila respons tidak bisa diperoleh langsung, tetapi harus menunggu maksimal 2×24 jam.

Cara batalkan pesanan Tokopedia bisa dilakukan dengan mudah, baik lewat website ataupun aplikasi.

Kamu tidak perlu merasa khawatir apabila produk yang ingin dibeli ternyata tidak jadi dibutuhkan karena bisa langsung mengajukan proses pengembalian.


Leave a Comment