Tips Agar WIFI Tidak Dicuri Orang

Langganan internet speed 100mbps tapi berasa 10mbps? Mungkin ada yang mencuri WIFI kamu. Untuk itu kamu harus tau cara agar wifi indihome speedy atau wifi lain tidak bisa dibobol oleh orang lain atau tetangga.

Yang lebih berbahayanya lagi apabila orang tersebut saking pintarnya mampu menyadap data-data pribadi kamu, seperti password email dan internet banking.

Untuk mencegahnya, simak langkah-langkah dibawah ini agar Wifi kamu tidak mudah dibobol :

1. Password Unik dan Kuat

cara wifi aman password susah

Hal ini cukup ampuh untuk mengamankan koneksi WiFi agar tidak dibobol orang lain. Kalau password WiFi kamu gampang orang lain bisa saja menebaknya dengan mudah.

Gunakan password yang kuat dan unik serta dapat kamu ingat dengan mudah. Jangan sekali-kali menggunakan tanggal lahir kamu.

Password yang kuat biasanya mengkombinasikan antara huruf besar, kecil, dan angka. Dengan begitu orang lain akan susah untuk menggunakan koneksi Wifi kamu.

Jika bingung gunakan password generator:

2. Ganti SSID dengan Wifi

cara wifi aman ganti ssid
netgear.com

SSID adalah nama dari jaringan WiFi yang kamu gunakan. Pakailah nama SSID WiFi yang unik. Dengan begitu orang lain akan sulit untuk membobol WiFi kamu sehingga kamu dapat terbebas dari pengguna-pengguna illegal.

3. Block MAC Address

cara wifi aman block mac address
community.meraki.com

MAC address adalah alamat jaringan atau kode unik yang terdapat pada setiap device seperti Hp maupun laptop.

Memblock MAC Addres cara yang ampuh untuk mencegah orang lain menggunakan WiFi kamu.

Untuk contohnya saya menggunakan Router IndiHome, TP-LINK. Berikut langkah-langkahnya :

  • Untuk mulai melakukan settingan akses ke alamat ip, 192.168.1.1 atau 192.168.1.254.
  • Masukan admin login.
  • Pilih menuInterface Setup > Wireless.
  • Pada bagian Wireless MAC Address Filter> Activated.
  • Masukan Mac Address yang ingin kalian daftarkan.
  • Klik  Save.
  • Kalian wajib memasukan MAC Address komputer atau laptop, milik kalian terlebih dahulu.

4. Matikan Fitur WPS

WPS adalah cara untuk tersambung dengan WiFi tanpa memasukkan password. Matikanlah fitur WPS WiFi kamu, karena sekuat apapun password WiFi kamu orang lain tetap bisa membobolnya jika WPS ini tetap aktif. Karena terdapat juga beberapa aplikasi yang bisa membaca pin WPS.

5. Pasang Mikrotik dengan Login Page

cara wifi aman gunakan mikrotik
www.192-168-1-1-ip.co

Ketika kamu menggunakan fitur Mikrotik ini setiap ada orang yang ingin menggunakan WiFi kamu maka akan diarahkan ke login page.

Sistem ini berbeda dengan sistem Router Accespoint dan bisa dibilang cukup ampuh untuk mencegah orang membobol WIFi kamu.

Tapi untuk mensetting mikrotik ini cukup ribet, kamu perlu memanggil jasa setring mikrotik ke rumah kamu jika kamu kesulitan mengerjakannya.

Walaupun mengaturnya cukup sulit tapi fitur yang diberikan sangat lengkap seperti membatasi kecepatan, mengetahui siapa saja yang menggunakan WiFi, memblokir situs dan masih banyak lagi fitur yang diberikan.

6. Blokir Pencuri Menggunakan Aplikasi

Aplikasinya adalah Block WiFi FreeLoader, kamu dapat download disini. Untuk menggunakannya sebagai berikut :

  1. Langkah pertama sambungkan perangkat kamu dengan WifI
  2. Buka aplikasinya, kemudian kamu dapat melihat nama WiFi kamu serta siapa saja yang menggunakannya. Untuk memastikannya kamu dapat klik Rescan
  3. Jika kamu melihat ada perangkat yang tidak dikenal, kamu dapat mengganti statusnya menjadi Stranger dengan cara masuk ke Router Manage > Block. Istilah Known adalah perangkat yang kamu kenali.

Dengan menerapkan langkah diatas orang lain tidak bisa mengakses WiFi kamu kembali.

Cara Mengetahui Pencuri WiFi

Berikut ini adalah cara untuk mengetahui berapa orang yang nyolong wifi kita:

1. Alamat IP Router

Untuk mengetahui siapa saja yang menggunakan koneksi WiFi, kamu secara gratis dapat menggunakan website router yang disediakan.

Caranya sebagai berikut:

  • Masuk ke home page router
  • Masukka alamat IP addres
  • Login menggunakan username sera password
  • Setelah itu kamu dapat mengetahu informasi mengenai pengguna yang menggunakan WiFi kamu melalui IP Addres yang tersambung dengan WiFi kamu. Jika ada IP Addres yang tidak kamu kenali maka kemungkinan WiFi kamu telah dibobol.

2. Aplikasi Android

WiFi Thief Detector merupakan aplikasi yang dibuat dengan tujuan untuk mengetahui siapa saja yang menggunakan koneksi WiFi kamu. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan di Google Play Store kamu secara gratis.

Di aplikasi ini memberikan banyak fitur antara lain untuk mengetahui berapa banyak orang yang menggunakan WiFi kamu, mampu mendeteksi ip yang terhubung dengan WiFi, bisa memblokir pengguna WiFi, dapat membantu kamu mengakses halaman web router WiFi kamu untuk membuat perubahan pada pengaturan router kamu serta memberikan akses ke router wifi paling populer.

Sekian cara agar wifi tidak bisa dibobol. Semoga bermanfaat ya!


Leave a Comment