Cara Membuat Google Form untuk Kuisioner dan Soal

Sudah pernah mendengar atau bahkan buat Google Form?

Bagi sebagian orang khususnya para generasi Millennial tentu sudah tidak asing dengan platform yang satu ini.

Sebelum kita membuat kuesioner melalui Google Form, penting sekali untuk mengetahui apa sebenarnya Form itu?

Seperti yang diketahui Form sendiri merupakan sebuah teknologi yang bisa dikatakan paling serbaguna di Internet.

Dengan menggunakan platform ini, kamu bisa mengelola berbagai macam hal seperti mengelola pendaftaran acara, membuat polling atau quick count dan lain sebagainya.

Nah untuk mengetahui tentang cara membuat soal dan kuesioner melalui Google Form, simak ulasannya berikut ini.

Cara Membuat Formulir Online di Google Form

Ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk membuat form di Google. Berikut ini ada beberapa tahapan yang perlu kamu lakukan, diantaranya yaitu:

  • Buka situs form.google.com kemudian klik Blank atau Template pada menu yang tersedia.
  • Sedangkan bagi kamu yang ingin mencoba di melalui drive bisa ketik drive.google.com lalu pilih New > Lainnya. Pada samping Google Form, kamu bisa mengarahkan klik kanan dan pilih Blank Form or From a Template.
  • Kemudian, kamu bisa memberikan nama pada formulir yang dibuat pada sisi pojok kiri atas. Setelah itu Klik Untitled form atau nama formulir template dan masukkan nama baru yang kamu inginkan.
  • Jika sudah, kamu bisa menambahkan deskripsi di bagian bawah nama form dan tambahkan teks kamu. Perlu diingat untuk penambahan deskripsi ini bersifat opsional yang mana artinya bisa diisi atau tidak.
  • Setelah itu, ubah warna latar belakang atau tema yang ada di Google Form milik kamu. Caranya klik Plate lalu pilih warna sesuai dengan selera.

Sangat sederhana sekali cara membuat form atau formulir d Google, bukan? Namun perlu diingat sebelum membuat Google Form, maka kamu perlu buat akun Gmail terlebih dahulu.

Jenis Pertanyaan Google Form

Ketika memasuki Google Form, kamu bisa mengajukan berbagai macam jenis pertanyaan yakni maksimal dua ribu pilihan.

Nantinya, Google Form akan mengumpulkan beberapa jenis jawaban sesuai dengan pertanyaan yang sudah kamu ajukan sebelum. Berikut ini beberapa jawaban yang muncul, diantaranya yaitu

1. Menulis Jawaban

Dalam bagian ini terdapat dua pilihan yakni jawaban singkat dan jawaban yang lumayan panjang.

Untuk yang jawaban singkat setiap orang bisa menulis jawaban dalam beberapa kata saja.

Selain itu kamu juga perlu mentaati peraturan yang telah ditetapkan.

Sedangkan untuk pilihan yang kedua jawaban panjang, setiap orang bisa menuliskan jawaban panjang mulai dari satu paragraf atau lebih.

2. Pilih dari List

Selanjutnya pilihan dari list yang mana merupakan opsi tambahan pertanyaan yang kamu tuliskan dalam form. Untuk pilihan list ini terdiri dari beberapa pilihan, yaitu:

a. Pilihan Ganda

Setiap orang hanya boleh memilih satu opsi saja dan juga memasukkan ‘Lainnya’ untuk opsi lain.

Selain itu setiap orang juga bisa mengetikkan jawaban singkat. Berdasarkan jawaban tersebut, kamu bisa mengirimkannya pada bagian tertentu dari Form.

b. Kotak Centang

Pada pilihan yang kedua ini, setiap orang bisa memilih diantara beberapa opsi yang muncul. Sehingga bisa dikatakan bahwa kamu bisa memilih dari satu ops.

c. Dropdown

Setiap orang dapat memilih diantara sekumpulan opsi yang tersedia.

3. Upload Files

Pada bagian ini kamu bisa mengunggah file sebagai bentuk tanggapan dari pertanyaan. Nantinya file yang diunggah akan tersimpan di ruang penyimpanan yang ada di Google Drive dari pemilih survei.

Jangan lupa untuk meningkatkan ruang penyimpanan Google Drive, pastikan untuk menghapus data yang tidak perlu.

4. Pilih dari Grid

Untuk bagian pilih dari Grid ini terbagi menjadi tiga pilihan. Diantaranya yaitu:

a. Skala Linear

Orang-orang bisa menilai pertanyaan yang kamu ajukan dengan skala tertentu.

Skala yang dimaksud di sini dimulai dari ) atau 1 dan berakhir pada bilangan bulat yakni mulai dari 2 sampai 10. Selain itu, kamu juga bisa mengatur label pada setiap ujung skala-nya.

b. Grid Pilihan Ganda

Pada kolom ini, kamu bisa membuat kisi-kisi yang mana orang lain bisa memilih satu jawaban per baris. Nah, untuk mengacak urutan baris maka klik ‘Lainnya’ yang ada di sebelah kanan bawah pertanyaan.

c. Kota Centang

Pada bagian ini kamu bisa membuat kisi-kisi dimana setiap orang bisa memilih satu atau lebih jawaban pada setiap barisnya.

5. Pilih Tanggal

Sesuai dengan namanya, pada kolom yang kelima ini, kamu akan diminta untuk mengisi tanggal sesuai dengan kebutuhan.

Untuk memasukkan tahun atau ataupun waktu, maka kamu bisa memilih ‘Lainnya’ yang ada di sebelah kanan bawah pertanyaan.

Itulah beberapa jenis jawaban yang akan kamu jumpai saat menggunakan Google Form,. sangat mudah dan sederhana sekali, bukan?

Jadi setelah ini kamu tidak perlu lagi kesulitan untuk membuat soal online, buat kuesioner dan beberapa hal penting lainnya.

Apalagi kamu bisa lihat hasil form dengan mudah dan cepat. Bagaimana buat Google Form, sangat membantu sekali, bukan? Semoga informasi di atas bermanfaat dan membantu pekerjaan kamu lebih mudah dan sederhana selamat dan sedan sederhana. Selamat mencoba!

Leave a Comment